Friday, January 25, 2013

Konsep-konsep dalam Psikologi Perkembangan

1. Perkembangan (Development)

    Perkembangan tidak terbatas pada pengertian pertumbuhan yang semakin membesar, melainkan didalamnya terkandung serangkaian perubahan yang berjalan terus-menerus dan bersifat tetap dari fungsi-fungsi jasmaniah dan rohaniah yang dimiliki individu menuju ke tahap kematangan melalui pertumbuhan, pematangan, dan belajar.
     Perkembangan manusia dimulai sejak masa konsepsi sampai meninggal dunia, individu tidak pernah statis, melainkan senantiasa mengalami perubahan-perubahan yang bersifat progresif dan berkesinambungan.

2. Pertumbuhan (growth) 

    Istilah pertumbuhan lazim digunakan dalam biologi, sehingga pengertiannya lebih bersifat biologis. Pertumbuhan dalam perkembangan merujuk pada perubahan-perubahan yang bersifat kuantitatif dan mengarah kepada fungsi-fungsi fisik.
    Pertumbuhan fisik bersifat meningkat, menetap, dan kemudian mengalami kemunduran sejalan dengan bertambahnya usia.
3. Kematangan (maturation)  

    Kematangan adalah merupakan potensi individu yang dibawa sejak lahir , timbul dan bersatu dengan pembawaannya serta turut mengatur pola perkembangan tingkah laku individu.
    Kematangan awalnya adalah hasil dari adanya perubahan-perubahan tertentu dan penyesuaian struktur pada diri individu yang sering disebut kematangan biologis yang kemudian mempengaruhi kematangan pada aspek psikis yang meliputi keadaan berpikir, rasa, kemauan, dan lain-lain.

4. Perubahan (change)

    Perkembangan mengandung perubahan, tetapi bukan berarti setiap perubahan bermakna perkembangan. Perubahan-perubahan dalam perkembangan bertujuan untuk memungkinkan orang menyesuaikan diri dengan lingkungannya dimana dia berada, yang sering disebut aktualisasi diri.
    Secara garis besar, perubahan-perubahan yang terjadi dalam perkembangan dapat dibagi kedalam empat bentuk, yaitu;
¤    Perubahan dalam ukuran besarnya
    Perubahan dalam bentuk dan ukuran ini terlihat dalam pertumbuhan jasmani dan perkembangan mental seseorang.
¤    Perubahan dalam proporsi
    Anak bukanlah manusia dewasa dalam bentuk kecil,melainkan keseluruhan tubuhnya menunjukkan proporsi yang berbeda dengan orang dewasa. Perubahan proporsi juga tampak dalam perkembangan mental. Pada anak-anak imajinasinya sangat bercoarak atau diwarnai fantastic, sangat jauh dari kenyataan. Secara berangsur, semakin bertambah usia, unsur fantastik menjurus ke arah yang lebih realistik.
¤    Hilangnya bentuk atau ciri-ciri lama
    Hal ini terjadi pada ciri-ciri fisik dan mental.
¤    Timbulnya atau lahirnya bentuk atau ciri-ciri baru
    Dengan menghilangnya bentuk ciri-ciri lama yang tidak berguna lagi, maka timbullah ciri-ciri dan bentuk perubahan fisik dan mental yang baru. Beberapa perubahan tersebut terjadi karena proses belajar. Tetapi kebanyakan dari perubahan itu merupakan hasil proses kematangan yang pada saat lahir belum sepenuhnya berkembang.

No comments:

Post a Comment