Friday, January 25, 2013

Pengertian Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan sebagai cabang ilmu psikologi memelaah berbagai perubahan-perubahan interindividual yang terjadi dalam intraindividual, tidak hanya mendiskripsikan perubahan-perubahan perilaku menurut tingkat usia sebagai masalah hubungan anteseden (gejala yang mendahului) dan konsekuensinya. Psikologi perkembangan mempelajari perubahan dalam perkembangan yang mencakup seluruh rentang kehidupan dari pembuahan sampai akhir hayat, dengan demikian mereka menggambarkan dengan sempurna pertumbuhan dan kemunduran.
Pada saat ini ahli psikologi perkembangan mempunyai enam tujuan pokok, yaitu:
1. Menemukan perubahan-perubahan apakah yang terjadi pada usia yang umum dan yang khas dalam penampilan, perilaku, minat, dan tujuan dari masing-masing periode perkembangan.
2.    Menemukan kapan perubahan-perubahan ini terjadi.
3.    Menemukan sebab-sebabnya
4.        Menemukan bagaimana perubahan itu mempengaruhi perilaku
5.        Menemukan dapat tidaknya perubahan tersebut diprediksikan
6.    Menemukan apakah perubahan itu bersifat individual atau universal

Pada dasarnya ada dua proses perkembangan yang saling bertentangan yang terjadi secara serempak selama kehidupan, yaitu pertumbuhan (evolusi) dan kemunduran (involusi). Keduanya mulai dari pembuahan dan berakhir dengan kematian. Berbagai perubahan dalam perkembangan bertujuan untuk memungkinkan orang menyesuaikan diri dengan lingkungan dimana ia hidup.

No comments:

Post a Comment