Friday, January 25, 2013

Pengertian Psikologi

Dewasa ini tidak ada orang yang tidak mengenal psikologi, dimana psikologi mempengaruhi seluruh aspek kehidupan manusia.Apakah psikologi itu? 
Psikologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu kata psyche yang artinya jiwa,dan logos yang artinya ilmu. Sehingga secara harfiah, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa. Namun dalam perkembangannya, psikologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari perilaku dan proses mental.
Psikologi bersifat praktis, dimana psikologi membahas isu-isu yang muncul setiap waktu. Isu yang berkembang dimulai dari pertanyaan sosial, seperti bagaimana penanganan bagi orang yang mengalami lemah mental hingga pertanyaan pribadi, seperti bagaimana cara kita untuk melakukan kontrol diri (self-control).
Psikologi sebagai suatu profesi mencakup banyak banyak bidang spesialisasi; psikologi biologis, psikologi eksperimental, psikologi perkembangan, sosial, dan kepribadian; psikologi klinis dan konseling; psikologi sekolah dan pendidikan; dan psikologi industri dan rekayasa.
Psikologi biological adalah spesialisasi bagi mereka yang menganut perspektif biological mencoba menemukan hubungan antara proses biologis dan perilaku. Sebagai contoh bagaimana obat seperti marijuana dan LSD mempengaruhi kepribadian dan daya ingat?
Psikologi eksperimental adalah ahli psikologi perilaku dan kognitif yang menggunakan metode eksperimen untuk mempelajari bagaimana orang (dan hewan) bereaksi terhadap stimuli sensorik, memandang dunia, belajar dan mengingat, bernalar, dan berespons secara emosional.
Psikologi perkembangan, mempelajari perkembangan manusia dan faktor-faktor yang membentuk perilaku sejak lahir sampai lanjut usia. Psikologi sosial, merasa tertarik dengan bagaimana interaksi dengan orang lain mempengaruhi sikap dan perilaku. Psikologi kepribadian menfokuskan pada perbedaan antara individu.
Psikologi klinis banyak terlibat dalam penerapan prinsip-prinsip psikologi dalam diagnosis dan terapi gangguan emosional dan perilaku dan masalah penyesuaian lain yang kurang serius. Psikologi konseling melayani banyak fungsi yang sama seperti psikologi klinis, tetapi biasanya mereka menangani masalah psikologis yang kurang serius.
Psikologi sekolah dan pendidikan, mempelajari masing-masing anak untuk menilai masalah belajar dan emosional, dan spesialis dalam belajar dan mengajar.
Psikologi industri, biasanya bekerja dalam suatu perusahaan,  berkecimpung bidang SDM, mulai dari perekrutan, penempatan, pelatihan dan pengembangan, dan mencari tahu determinan perilaku manusia. Psikologi rekayasa, mencoba untuk memperbaiki hubungan antara manusia dan mesin; mereka membantu merancang mesin untuk meminimalkan kesalahan manusia. 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment